Tips Membuka Bisnis Franchise Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan tanpa kenal musim. Bagaimana bisa ? Ya, karena makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang banyak dicari orang setiap harinya. Dengan begitu, sudah cukup jelas terlihat bahwa potensi keuntungan yang ditawarkan bisnis kuliner bisa berlipat dalam waktu yang singkat.
Akan tetapi, pernahkah anda berpikir bahwa tidak semua bisnis kuliner akan terjamin sukses ? Sebanding dengan potensi keuntungan yang ditawarkan, rupanya merintis bisnis kuliner dari nol tidak semudah yang dibayangkan. Untuk itulah mengapa bisnis franchise kuliner kini tengah booming dicari oleh para calon pelaku usaha.

Keberadaan bisnis franchise kuliner bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin terjun dalam dunia bisnis kuliner tanpa perlu repot merintis usaha dari nol. Karena pada umumnya, bisnis ini sudah menyediakan SOP kerja, merek, bahan baku, resep, hingga pelatihan untuk menjaga mutu produk. Nah, dengan begitu anda tidak perlu bersusah payah dalam membangun sistem dan strategi bisnis mulai dari nol. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mulai menjalankan bisnis kuliner agar usaha anda bisa sukses kedepannya. Apa saja sih tips membuka usaha franchise kuliner  Yuk simak uraian berkut ini!

  • Pilih Franchise Kuliner Sesuai Budget

Pada umumnya, franchise kuliner yang sudah memiliki nama besar, kemungkinan besar lebih terpercaya dan memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Akan tetapi, dalam memilih franchise kuliner anda harus memilihnya sesuai budget. Mengapa demikian ? Karena franchise kuliner yang semacam ini biasanya mematok harga franchise yang cukup tinggi. Oleh karena itu, tips pertama untuk dapat menjalankan bisnis franchise kuliner adalah sesuaikan farnchise dengan budget anda!

  • Teliti dalam Memilih Franchise Kuliner

Selanjutnya, teliti dalam memilih franchise juga patut anda perhatikan sebagai upaya agar tidak salah dalam menjalankan bisnis franchise. Sebaiknya pilihlah usaha franchise kuliner yang anda sukai, pilih franchise makanan yang telah memiliki banyak outlet, sehingga sudah terjamin bahwa produk makanan tersebut memang memiliki banyak peminat. Disamping itu, banyaknya gerai sebuah franchise kuliner juga bisa menentukan seberapa dikenal brand usaha tersebut. Dan yang terpenting adalah, anda harus memastikan serta mengetahui reputasi dan perjalanan bisnis franchise kuliner tersebut secara menyeluruh. Jika dibutuhkan lakukanlah survey langsung ke pelaku usaha franchise kuliner yang telah berjalan.

  • Menghitung dan Merencanakan Kebutuhan Secara Cermat

Setiap bisnis tentu harus memiliki rencana keuangan yang matang. Oleh karena itu, sebelum anda menjalankan sebuah bisnis franchise kuliner, hendakanya anda menghitung terlebih dahulu seluruh biaya yang diperlukan meliputi biaya sewa tempat, listrik, air, biaya pemasaran serta gaji pegawai jika ada. Lakukan anggaran pendanaan secara cermat supaya modal usaha tidak melebihi budget yang telah anda siapkan.

  • Memahami Syarat dan Ketentuan Kerjasama

Jika ada sebuah franchise kuliner yang memberikan anda penawaran dengan harga yang murah, maka jangan langsung tergiur dengan penawaran tersebut. Anda perlu memahami syarat dan ketentuan yang diberikan terlebih dahulu. Seperti fasilitas paket yang diberikan, ketentuan royalti atau komisi yang dikenakan, hingga masa ikatan kerja yang berlaku. Akan tetapi, anda tidak perlu berkecil hati jika budget yang dimiliki terbatas. Karena, masih banyak franchise kuliner lain dengan modal terjangkau yang memiliki potensi keuntungan yang tak kalah menarik.

Nah, itulah beberapa tips sebelum menjalankan bisnis franchise kuliner. Pastikan anda telah memiliki perencanaan dan strategi yang matang sebelum menjalani franchise kuliner agar usaha yang anda jalankan bisa sukses kedepannya. Semoga berhasil!

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *